Hindari Kesalahan Ini Saat Beli Rumah Pertama Kali

Membeli rumah memiliki tantangan tersendiri bagi siapa saja, terlebih lagi ketika beli rumah untuk pertama kalinya. Tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Namun, tidak jarang pula banyak orang yang abai dengan hal-hal tersebut sehingga mereka mendapatkan rumah yang tidak sesuai harapan. Maka dari itu, sebelum beli rumah untuk pertama kali, Anda bisa menyimak apa saja kesalahan yang perlu dihindari berikut ini.

Tidak memahami kondisi finansial

Kondisi finansial adalah hal utama yang patut Anda perhatikan ketika beli rumah pertama kali. Memiliki rumah idaman merupakan impian bagi siapa saja, namun Anda jangan terlalu terkecoh dengan kondisi rumah yang menarik. Sebagai langkah awal, perhatikan masalah finansial Anda. Ukurlah berapa kemampuan finansial dan budget untuk membeli rumah tersebut.

Sebaiknya jangan paksakan bila kondisi finansial tidak mencukupi. Anda bisa menundanya hingga jumlahnya mencukupi. Atau alternatif lainnya adalah Anda bisa memilih tipe rumah lainnya dengan harga yang lebih murah dan sesuai kondisi keuangan agar Anda tetap tenang dan tidak merasa terbebani di kemudian hari.

Kurang memperhitungkan cicilan

Anda bisa beli rumah untuk pertama kali melalui pembayaran tunai atau melalui KPR. Akan tetapi, bila Anda lebih memilih melakukan pembayaran melalui KPR, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah mengenai masa tenor dan besar pinjaman maupun kalkulasi cicilan.

Untuk memilih kredit rumah terbaik, Anda harus hitung dengan cermat penghasilan Anda. Jangan andalkan bonus gaji atau kenaikan gaji lainnya untuk membayar cicilan tersebut, mengingat sifat bonus dan kenaikan gaji ini tidaklah menentu. Lalu, perhatikan pula biaya-biaya lainnya, semisalnya saja biaya administrasi dan sebagainya ketika Anda menentukan cicilan.

Terlalu percaya dengan promosi

Ketika berada di pameran properti, biasanya para developer terkemuka akan gencar melakukan promosi pada unit terbaiknya. Terlebih dengan iming-iming hadiah yang cukup menggiurkan. Tentu para calon pembeli akan semakin merasa tertarik. Maka dari itu, Anda harus paham betul apa sajakah persyaratannya untuk memperoleh promo tersebut.

Terkadang banyak orang dalam promo properti langsung deal dengan penawaran tersebut tanpa melihat persyaratannya terlebih dahulu. Untuk menghindari penyesalan dan tidak merasa tertipu oleh promosi yang ada, Anda patut untuk membaca dengan jeli persyaratannya. Tentu Anda tidak ingin menyesal, bukan, bila di kemudian hari rumah yang Anda beli tidak sesuai dengan promosi yang dijanjikan?

Terlalu terburu-buru Saat Beli Rumah Pertama Kali

Menyambung dari poin di atas, kesalahan yang patut untuk dihindari selanjutnya ketika beli rumah untuk pertama kali ialah jangan terburu-buru. Ingat, membeli rumah bukanlah seperti membeli pakaian. Ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan selain masalah finansial.

Contohnya saja mengenai legalitas rumah tersebut, siapa developer-nya, apakah memiliki prospek di masa mendatang, dan sebagainya. Anda bisa bertanya langsung kepada ahli properti sebelum memutuskan membeli rumah baru. Dengan sedikit melonggarkan waktu dan tidak terburu-buru, Anda akan mendapatkan banyak pilihan untuk rumah idaman terbaik di kemudian hari.

Kurang mendapatkan pengetahuan

Mencari informasi dalam beli rumah untuk pertama kali sangatlah penting. Bekali diri Anda dengan pengetahuan yang cukup mengenai properti khususnya lokasi perumahan yang tepat. Semisalnya saja lokasi perumahan yang strategis sepeti Citra Sentul Raya. Tentu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika membeli unit rumah di lokasi ini.

Kemudian, penting juga untuk memantau harga properti di pasaran. Pada waktu-waktu tertentu, harga unit rumah akan meningkat secara drastis. Ada baiknya untuk Anda membeli rumah ketika harga pasar stabil. Dengan begitu, kondisi finansial Anda akan aman dan Anda pun bisa merasa tenang.

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Semoga dengan ulasan hal yang perlu dihindari untuk beli rumah pertama kali di atas dapat membantu Anda dalam memilih hunian yang tepat.